PT Gapura Angkasa sebagai perusahaan yang
bergerak di bidang usaha penunjang kegiatan di bandara merupakan perusahaan
jasa layanan Ground Handling yang meliputi jasa pelayanan
menyeluruh pre-flight sampai post-flight bagi
pelanggan yaitu perusahaan penerbangan baik domestik maupun internasional juga
para penumpang.
Pelayanan yang diberikan kepada customer
(airport) oleh PT Gapura Angkasa secara garis besar dibagi tiga yaitu
:
1. Passenger and
baggage handling
Mencakup
pelayanan pre flight sampai post flight. Dalam
melaksanakan tugas sehari-hari, unit
ini terbagi dalam beberapa bagian yaitu
:
a. Check-in counter adalah tempat
pelaporan penumpang dan bagasinya,
b. Boarding gate adalah ruang
tempat tunggu penumpang yang akan naik ke pesawat,
c. Lost and found adalah tempat
untuk melapor jika penumpang mengalami kerusakan pada
bagasinya,
kehilangan bagasinya, dan sebagainya.
2. Operation, terdiri dari unit-unit :
memonitor dan mengkoordinasi pelaksanaan seluruh operasional penerbangan
yang ditangani
oleh PT Gapura Angkasa di bandara.
mempersiapkan, mengontrol dan membuat dokumen muatan pesawat.
c. Load
master adalah staf yang bertugas menaikkan dan
menurunkan muatan dari dan ke
compartment pesawat,
koordinator pelaksanaan handling pesawat di apron.
3. Kargo:
PT. Gapura Angkasa melaksanakan
pelayanan pengiriman kargo yang dimulai dari proses
penerimaan, storage dan
pemberangkatan kargo (Outgoing dan Incoming Cargo).
Alur Outgoing Kargo
Secara umum proses outgoing kargo ekspor adalah sebagai berikut :
- Kargo yang akan dikirim akan dilakukan pembukuan (reservation) terlebih dahulu
- Setelah melakukan reservation, kargo akan dibawa ke Gudang Penerimaan Kargo (Warehouse Acceptance). Disana kargo akan dilengkapi dengan :
a. Form Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dan Pemberitahuan Ekspor
Barang
Tertentu (PEBT)
b. Form Shipper Letter of
Instruction (SLI)
c. Packing List
d. Perishable dan Live
Animal dilengkapi dokumen karantina
e. Dokumen pelengkap lainnya.
3. Dari proses di gudang
penerimaan kargo, kargo akan dibawa ke unit Bea dan Cukai
(customs). Di customs,
kargo akan menerima dokumen kargo dan persetujuan muat (fiat muat) apabila
dokumen pengangkutan lengkap. Persetujuan itu berupa pengecapan stempel, dimana
stempel tersebut sebagai tanda bahwa kargo yang bersangkutan diizinkan oleh
pihak bea cukai untuk dikirim.
4. Kemudian kargo yang
dikirimkan sebelum disimpan di gudang pengiriman (Warehouse
Movement)
dilakukan pemeriksaan X-Ray terlebih dahulu, untuk mengetahui
isi yang akan
dikirim.
5. Setelah pemeriksaan
tersebut maka kargo akan disimpan di gudang (Storage area).
Kargo yang
akan dikirim akan di packing ulang dengan menggunakan plastik di Build
up
area.
6. Jika sudah siap, kargo
akan dimuat ke pesawat.
Alur Incoming Kargo
Secara umum proses incoming kargo impor adalah sebagai berikut :
- Kargo diturunkan dari pesawat dan dibawa ke Break Down Area menggunakan dollies.
- Di Break Down Area, cargo dilakukan proses pemisahan dan dilakukan proses pencatatan Airway Bill.
- Setelah itu cargo akan disimpan di Import Warehouse / Acceptance Import untuk pemeriksaan fisik cargo dan dokumen-dokumennya.
- Pihak Warehouse Operator akan mengirimkan NOA (Notice Of Arrival) kepada consignee dengan tujuan untuk memberitahukan bahwa cargo telah sampai dan siap diambil.
- Saat consignee mengambil cargo, consignee dikenai biaya sewa gudang.
Setelah consignee menyelesaikan pembayaran
maka proses selanjutnya adalah pemeriksaan bea & cukai. Proses ini mirip
dengan proses kedatangan penumpang internasional dimana terdapat jalur hijau
dan jalur merah. Setelah pemeriksaan bea & cukai, cargo dapat dibawa oleh consignee.
Paket cargo bisa dilacak??
ReplyDeleteBagaimana caranya
Kepada Yth,
ReplyDeletePerusahaan Kontraktor / Supplier
Di Tempat.
Up : Direktur / Finance / Hrd Keuangan
Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond ( Non collateral )
Dengan Hormat,Perkenalkan kami dari PT. BINTANG HARAPAN BERSAMA ( Agent Insurance - Bank Guarantee & Surety Bond ) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi & Surety Bond dengan Sertifikat Agent Nomor : 01.071215.00.00.023174.0101 AAUI bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta,(BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, ICO, CNOOC, ABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Di sini kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral) Proses cepat serta polis jaminan kami antar.
Jenis Jaminan Proyek:1. Jaminan Penawaran/Bid ( Tender) Bond.2. Jaminan Pelaksanaan/Performance Bond.3. Jaminan Uang Muka/Advance.4. Jaminan Pemeliharaan/Maintenance Bond.5. Jaminan Pembayaran/Paymen Bond6. Jaminan Penundaan Pembayaran bea masuk (Custom Bond)7. Jaminan Construction All Risk , SP2D Akhir Tahun dan Jaminan LainnyaBeberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :
1. Asuransi Pengangkutan2. Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)3. Asuransi Pengangkutan Melalui Laut (Marine Cargo)4. Asuransi Pengangkutan Melalui Darat (Land Cargo)5. Asuransi Pengangkutan Melalui Udara (Air Cargo)6. Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)7. Asuransi Pesawat Terbang (Avition)8. Asuransi Rekayasa Tehnik (Engineering)9. Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance)10.Asuransi Kebakaran (Fire Insurance) Dan Jaminan Asuransi Kerugian Lainnya
Adapun sebagai Bahan Pertimbangan Bapak/Ibu berikut ini Saya Lampirkan Proposal Penawaranan PenerbitanJaminan Bank Garansi & Asuransi (Non Collateral) Atas Perhatian dan Kerjasamanya Saya Ucapkan Terimaksih.Best Regards :
BENI APRIZAL
PT. BINTANG HARAPAN BERSAMAJl.Galursari III Blok J 168 A.Utan Kayu Selatan,Matraman.Jakarta TimurHp/wa : 0853 6600 3320Telpon : 021 2285 6316 Fax : 021 2285 6317Email : beniaprizalbhb@yahoo.com